Binmas Polda Jateng Bersilaturrahim dengan Senkom Mitra Polri Magelang


MAGELANG - Dalam rangka pengecekan implementasi strategi Polisi Masyarakat (Polmas) di Kewilayahan, serta dalam rangka menghadapi tahun politik 2024, Ditbinmas Polda Jateng bersilaturohim ke Senkom Mitra Polri Kabupaten Magelang. Silaturohim Binmas Polda Jateng dipimpin Kasubdit Binpolmas AKBP Maulud, M. Ag. didampingi sejumlah pejabat utama Binmas Polda Jateng, dan Kapolsek Sawangan AKP Tugimin.

Pertemuan Binmas Polda Jateng dengan Senkom Mitra Polri Kabupaten Magelang dilaksanakan di  Gedung Pondok Pesantren Sabilul Muttaqin Dusun Ngepoh, Desa Tirtosari, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Rabu (7/6/2023). Sebanyak 50 anggota Senkom Kabupaten Magelang menghadiri undangan tersebut. Acara tersebut merupakan sosialisasi tentang Polisi RW.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komisaris Jenderal Polisi Fadil Imran saat meluncurkan program ini, Polisi RW bertugas mewujudkan RW yang sejuk dan aman dengan security assesment, polisi akan melakukan itu dengan ketua RW setempat dan elemen masyarakat lainnya.



Ketua Senkom Kabupaten Magelang dalam sambutannya, Yuwana Budi Hartana S.T. menyatakan ungkapan terimakasih atas kunjungan jajaran Kepolisian pada salah satu organisasi masyarakat yaitu Senkom Mitra Polri yang selama ini sudah bermitra dengan beberapa instansi pemerintah termasuk juga dengan Polri.

“Ini merupakan wujud kepedulian Polri dalam mewujudkan Kamtibmas di Indonesia khususnya di Polda Jawa Tengah. Saya menyampaikan selain di Kamtibmas kita juga membantu di kebencanaan. Tahun 2006 kita berdiri kita membantu korban gempa di Bantul, Yogyakarta dan 2010 waktu erupsi Gunung Merapi," ungkap Yuwana.

Sementara itu, AKBP Maulud dalam tanggapannya menjelaskan bahwa sebentar lagi jajaran Polri akan menghadapi pengamanan Pemilu 2024, dengan operasi kepolisian Mantap Brata tahun 2023. Dengan adanya tahun Politik tersebut, tentulah terdapat perbedaan pilihan dari warga masyarakat. Dalam momentum itu adanya Senkom Mitra Polri pastilah akan sangat membantu, bilamana terdapat perselisihan warga, agar permasalahan tidak berkelanjutan, dan selesai sebelum masuk ke ranah hukum.

“Ke depan kita akan menghadapi pengamanan Pemilu 2024, ditandai dengan adanya operasi Kepolisian Mantap Brata 2023. Tentu momen itu sangatlah membutuhkan keberadaan Senkom sebagai forum yang memiliki peran penting dalam penyelesaian permasalahan yang terjadi, “ ungkap AKBP Maulud.

Lanjut AKBP Maulud, peran Senkom, pada masa pemilihan umum mendatang sangatlah penting. Di masa tersebut, suhu politik meningkat, sehingga dapat dipastikan, akan terjadi perbedaan pilihan antar warga. “Agar permasalahan tidak berkelanjutan, maka perlu peran Senkom dan tugasnya, yang terdiri dari TNI Polri serta perangkat Desa, membantu warga akan tidak terjerat hukum,” pungkasnya.

Sumber: https://www.magelangsenkom.or.id/2023/06/polda-jateng-sosialisasikan-polisi-rw.html

Posting Komentar

0 Komentar